Total Tayangan Laman

Selasa, 16 Juni 2015

Awas, Brio ini Imut Tapi Galak

brio imut 
  Wujud kompak Honda Brio boleh saja dianggap imut atau lucu, tapi jangan nilai seloroh unit, salah satu peserta Honda Brio Tuning Contest (BTC) 2015 yang digelar akhir Mei lalu. Brio 1.3L kelahiran 2013 berkelir abu-abu ini menyimpan tenaga “gila” 349 tk hasil tukar mesin milik "sang kakak" Jazz dengan seri L15A. 

 Jantung pacu Jazz di Brio Andre jelas bukan pajangan sebab kondisi “jeroan” juga sudah tidak normal. Bagian internal mesin seperti piston,camshaft, injektor, dan katup, menggunakan produk kompetisi. Menariknya lagi, Andre menambahkan kit turbo agar tenaga bisa terangkat lebih signifikan. 

  Konsep keseluruhan terinspirasi modifikasi ala Bangmod Racing asal Thailand yang mengejar perubahan eksterm di sektor mesin. Tampang biasa saja, tapi performa maksimal. Tampilan seperti mobil drag racetanpa jok, tambahan roll cage, serta pelek dan ban kompetisi cuma buat kebutuhan pameran, biasanya untuk harian tidak selalu seperti itu. 

 Tetap saja, siapapun yang menemui mobil ini di jalanan perlu waspada sebab suara desis dari blowoff atau pemandangan intercooler di sela-sela bemper bisa jadi mengintimidasi. Kalau ketemu lebih bijak jangan dilawan, Brio ini punya tenaga tiga kali lebih besar dibanding Jazz standar (118 tk), bahkan hampir empat kali lipat dibanding Brio 1.3L normal (98 tk).

 Memasang mesin 1.5 Jazz di tubuh Brio 1.3L lebih mudah ketimbang di Brio Satya 1.2L. “Sensor-sensor di Satya wajib ganti kalau pakai mesin Jazz, kalau ECU (Electronic Control Unit) punya 1.3Lnggak perlu ganti. Lagipula Satya kan memang beda sendiri, radiator setengah, ekstra fan juga cuma satu,”.

Tidak ada komentar: