Total Tayangan Halaman

Sabtu, 21 Mei 2016

Efek Pasir dan Air Hujan

Tingginya curah hujan bisa membuat pemilik kendaraan, khususnya sepeda motor, malas membilas sisa air hujan dan kotoran yang menempel. Padahal, inilah salah satu penyebab banyaknya masalah mekanikal di kemudian hari.”Sebaiknya, setelah kena hujan, sebisa mungkin dibilas, terutama di bagian-bagian penting. Yang penting kotoran-kotoran rontok dulu. Lalu, komponen apa saja yang patut diwaspadai? Berikut penjelasannya: 

Rem. Untuk rem tromol, kotoran akan bercampur dengan endapan kampas rem, membuat rem berdecit dan cepat membuat aus. Untuk rem cakram, berpotensi menggores piringan lebih cepat. 




Lengan ayun. Poros komponen ini juga rawan diselipi kotoran, membuat pergerakan semakin keras. 


Radiator. Kotoran yang menempel pada kisi-kisi dipastikan mengurangi pernafasan, membuat pendinginan tak maksimal. Kemungkinan terburuk, terjadi overheat. 

Suspensi. Sama prinsipnya seperti lengan ayun, membuat poros cepat kehilangan pelumas dan rawan bunyi-bunyian. 



Rantai. Kotoran sangat mudah menempel, apalagi rantai biasanya berlapis gemuk. Bersihkan dengan cairan pembersih rantai untuk merawatnya. 


CVT. Khusus untuk yang suka memodifikasi boks CVT menjadi terbuka, dipastikan komponen di dalamnya cepat kotor karena kemasukan pasir dan debu. Bunyi dan kerusakan dini tak bisa dihindari. Semua komponen logam. Jika kotoran menempel lama, lalu terkena sinar matahari dan udara, berpotensi menimbulkan bercak atau karat yang sulit dihilangkan.


Tidak ada komentar: