Total Tayangan Laman

Selasa, 24 Mei 2016

Kenali Perbedaan antara Ban Radial dan Bias

Pada dasarnya, ban jenis tubles (tanpa ban dalam) terbagi dalam dua jenis, bias dan radial. Tak banyak yang tahu, meski keduanya tampak serupa, namun terdapat perbedaan signifikan yang menentukan faktor kenyamanan, keamanan, dan efisiensi.  

Perbedaan Ban Bias Dan Radial
Meski hanya itu perbedaannya, namun dampak yang dirasakan pengguna sangat signifikan,dari perbedaan konstruksi tersebut ada tiga keuntungan lebih untuk ban radial.

1. Saat dipakai, ban radial tertekan ke kanan-kiri (arah dinding), sehingga membuat permukaan ban yang menyentuh aspal lebih lebar. Otomatis, daya cengkeram lebih baik, terutama saat menikung. Sementara ban bias, saat dipakai ban tertekan ke depan-belakang, bukan ke samping.

2. Saat tertekan ke kanan-kiri, beban dan panas terdistribusi lebih merata. Sementara model bias, karena beban terdistribusi di tengah, panas akan berpusat di bagian itu. Alhasil, bagian yang cepat aus adalah tengahnya, tidak merata kanan serta kiri. Dengan kata lain, ban radial lebih awet penggunaannya.

3. Meski menggunakan serat baja, pada kenyataannya ban radial lebih lentur saat dipakai. Hal ini memberikan kenyamanan lebih baik, terutama saat menghajar jalan bergelombang, jalan rusak, atau lubang. 

Memang, harga ban radial lebih mahal, atau dua kali lipat harga ban bias. Namun untuk pengguna, terutama pemakai sepeda motor sport, ban jenis radial akan sangat mempengaruhi performa, terutama unsur keselamatan. 

Tidak ada komentar: