Total Tayangan Halaman

Jumat, 03 Juni 2016

Menikmati Sepeda Motor Tanpa Suara

    
Tele 2 Bfi
   Naik sepeda motor listrik Zero benar-benar menyenangkan. Bak bayi yang mendapat mainan baru, jurnalis yang terlibat pengetesan termasuk asyik memain-mainkan handel gas untuk merasakan akselerasi ganasnya. 

   Namun di antara banyak keasyikan yang ditemukan, satu yang patut dibahas, yakni melesat tanpa suara. Dengan kecepatan tinggi, suara yang dikeluarkan cuma muncul dari gesekan ban dengan aspal, ditambah suara putaran sabuk penghubung. 

  Dengung pelan dari sektor penggerak juga cukup andil menyumbang suara, meski tak terlalu dominan. Agak aneh karena terbiasa dengan suara moge yang khas, tapi cukup unik. Saat di lampu merah pun, sepeda motor seolah mati, padahal siap kembali meluncur. Seperti ketika gantian naik tipe SR (paling kencang). 

  Saat digeber sampai 140-an kpj, tetap saja tidak ada suara kencang yang terdengar. Pantas Zero Motorcycles cukup sukses memasarkan tipe DS Police dan Military untuk perburuan yang butuh kesenyapan.Perlu diketahui, semua sepeda motor listrik Zero dibekali baterai lithium-ion dengan beragam kapasitas. 

  Paling rendah diberi 5,7 kWh sementara paling besar 11,4 kWh. Semakin tinggi angka maka semakin besar energi yang dihasilkan. Tahun depan, kapasitas akan ditambah untuk tipe SR. Soal pengendalian, cukup baik, didukung suspensi upside down, monosok di belakang. Semua suspensi bisa disetel tingkat pantulan dan kekerasannya. Ini membuat Zero mudah dikendalikan dan stabil meski menikung.

Tidak ada komentar: