Total Tayangan Halaman

Jumat, 20 Mei 2016

Motor Sering Kena Lubang

Awasi Komponen Ini Semakin banyak lubang di jalan. Komponen paling perlu diwaspadai biasanya komponen terluar yang berbenturan langsung dengan jalan, komponen apa saja yang perlu diwaspadai terkena dampak akibat terlampau sering meghantam lubang? Berikut penjelasan 

1. Ban 
    Inilah komponen paling luar yang terkena benturan. Di dalam ban terdapat serat-serat terbuat dari       logam, yang jika kena benturan serat-serat itu berubah bentuk atau berpindah dari tempat                     semestinya. Akibatnya, ban menjadi benjol. 

2. Pelek 
    Komponen ini menjadi ”pelapis kedua” setelah ban. Jika benturan terlalu keras, kemungkinan             pelek pecah cukup besar (pelek racing). Untuk pelek jari-jari, biasanya bengkok dan harus disetel. 

3. Bearing atau laher roda 
    Komponen ini hanya menerima beban putaran ban. Jika kena tekanan akibat benturan, beban akan       bertambah dan menyebabkan aus. Alhasil, putaran ban terasa ”oblak”. 

4. Suspensi
    Sil atau karet penyumbat cairan akan lebih cepat bocor dari usia seharusnya. As suspensi juga bisa     bengkok. 

5. Komstir Sama halnya dengan bearing
    Masalahnya, komponen ini bukan berfungsi sebagai getaran kejut meski letaknya ada pada bagian       setang. Jika gerak kejutnya terlampau besar dan sering, komponen ini akan aus dan oblak. 

6. Baut-baut 
    Biasanya yang terpasang pada bodi, karena torsi (tekanan baut) tidak terlalu kencang.

Tidak ada komentar: